Cara Merawat Rambut Bagi Wanita Berjilbab

Rate this post

sisirMerawat rambut adalah hal penting bagi wanita berjilbab. Rambut adalah mahkota wanita, sehingga wanita perlu Cara merawat rambut yang baik. Saat ini kesadaran memakai jilbab  di antara para muslimah sudah semakin tinggi. Selain berfungsi menjaga aurat, dengan berjilbab diyakini juga dapat mencegah terjadinya beberapa risiko penyakit, misalnya kanker leher. Memakai jilbab juga dapat menjauhkan rambut dari polusi udara dan sengatan sinar matahari. Namun penggunaan jilbab juga dapat membuat rambut menjadi lepek dan berminyak, sehingga perlu perlakuan lebih saat merawat rambut .

Gesekan antara kain jilbab dan rambut dapat menimbulkan tekanan pada kulit kepala, sehingga memproduksi minyak berlebih. Minyak pada kulit kepala menjadi makanan lezat bagi makhluk hidup yang hinggap di kulit kepala, seperti kutu, sekaligus memicu timbulnya ketombe. Selain itu, merawat rambut yang lepek dan berminyak juga perlu hati-hati karena rentan mengalami kerontokan.

Merawat rambut yang selalu dijilbab memang sedikit berbeda. Ada perlakuan khusus yang sebaiknya dilakukan agar rambut tidak rusak. Untuk merawat rambut yang selalu dijilbab, ada beberapa trik yang bisa Anda coba.

1. Keringkan rambut sebelum memakai jilbab

Hindari memakai jilbab saat rambut dalam kondisi basah. Rambut basah yang tertutup dapat menyebabkan lepek dan bau apek, sehingga perlu cara merawat rambut yang benar. Pastikan rambut telah benar-benar kering sebelum menggunakan jilbab.Biarkan rambut Anda yang basah, kering secara alami. Hindari menggunakan alat pengering rambut atau mencatoknya saat merawat rambut karena bisa membuat rambut kering bila Anda merawat rambut tidak secara rutin. Bila menunggu rambut kering secara alami dirasa terlalu lama, maka bisa juga menggunakan kipas angin.

2. Pilih sisir yang tepat.

Gunakan sisir berbentuk bulat dengan gigi jarang Tujuan menggunakan sisir berbentuk bulat dengan gigi yang lembut dan jarang adalah agar rambut lebih rapi. Saat merawat rambut sisirlah dari pangkal rambut hingga ujung rambut dan pastikan rambut tidak kusut sebelum mengenakan kerudung.

3. Pilih shampoo yang sesuai

Gunakan shampoo khusus rambut berminyak atau shampoo dengan formula yang ampuh menangkal kerontokan saat merawat rambut. Lazimnya, shampoo ini dibuat dengan bahan mint yang menyegarkan kulit kepala atau ginseng yang dapat merawat rambut serta menguatkan akar rambut.

4. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Bagi Anda yang berambut panjang, hindari mengikat rambut terlalu kencang saat menggunakan jilbab. Rambut yang dikepang atau dicepol akan lebih baik karena ikatannya lebih longgar namun mengunci rambut dengan lebih rapi. Selain memberikan nutrisi kita juga harus merawat rambut dengan cara memperlakukannya dengan lembut.

5. Memilih jepit rambut

Hindari penggunaan jepit rambut berbahan metal, karena dapat membuat rambut menjadi rapuh dan patah-patah. Pilih jepit rambut dari plastik atau karet berbahan lembut. Kita harus merawat rambut dengan lembut.

6. Potong rambut

Agar rambut tetap sehat, disarankan untuk memangkas rambut dengan model bob atau sependek mungkin sehingga memudahkan saat merawat rambut. Selain lebih mudah ditata. Anda juga tak perlu mengikat rambut, sehingga rambut pun dapat bernapas lebih lega. Rambut pendek juga menjadikan merawat rambut menjadi lebih mudah

7. Jangan memakai jilbab terlalu kencang

Jilbab yang terlalu ketat membuat rambut dan kulit kepala sulit bernapas. selain itu juga bisa menyebabkan sakit kepala. Pilih lapisan dalam yang nyaman dengan bahan yang tidak membuat kulit kepala mudah panas, serta pilih yang tidak terlalu sempit. Mari merawat rambut dengan memberikan ruang untuk rambut dan kulit kepala bernapas. Sirkulasi udara yang baik, bisa membantu membuat rambut dan kulit kepala lebih sehat.

Hindari juga mengikat jilbab di bagian leher yang akan menghambat sirkulasi udara ke kepala. Sirkulasi udara yang baik akan membuat rambut dan kulit kepala lebih sehat.

8. Gunakan jilbab maksimal empat lapis

Ada tipikal wanita yang mengikuti tren berjilbab dengan jilbab pashmina berlapis-lapis. Sebaiknya Anda tidak terlalu banyak menggunakan jilbab berlapis. Gunakan jilbab berlapis maksimal empat lapis. Hal ini bertujuan untuk memberikan sirkulasi udara pada rambut agar tetap seimbang.

9. Lepas lah jilbab ketika tidur

Lepaslah jilbab ketika tidur, supaya rambut dapat beristirahat dan bernafas dengan bebas. Jangan lupa kunci pintu kamarnya, supaya aurat tetap terjaga 🙂 .

10. Istirahatkan rambut

Jika tidak sedang mengenakan jilbab, sebaiknya Anda dapat merawat rambut dengan mengistirahatkannya dengan membiarkan rambut tanpa ikatan. Beri kesempatan rambut Anda untuk bernapas, selain lebih segar. Merawat rambut dengan mengistirahatkan rambut dapat mengurangi kelembapan kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan  dan munculnya ketombe.

11. Nutrisi untuk rambut

Setelah melakukan perawatan dari luar, sebaiknya Anda juga merawat rambut dari dalam. Untuk merawat rambut sehat dari dalam, jangan lupa konsumsi makanan yang rendah lemak dan banyak mengandung zat besi, vitamin B-6, B-12, asam lemak omega-3, zinc, protein, dan vitamin C. Makanan seperti ikan salmon, kacang-kacangan, tiram, sayur bayam serta pisang bisa membantu menambah nutrisi rambut secara alami.

Demikian cara merawat rambut bagi wanita berjilbab, semoga bermanfaat, tetap cantik, sehat dan syar’i

Leave a Reply